SOLOPOS.COM - Valentino Rossi dan helm musim dinginnya. (Motogp.com)

Tips otomotif kali ini tentang cara mencuci helm.

Solopos.com, SOLO – Apabila kepala terasa gatal saat berkendara motor, itu menandakan helm penuh kuman dan sudah waktunya dicuci. Caranya sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Berdasarkan tips dari Hesa, anggota Automotive Community Scoopy Kaskus (Octopus) yang dikutip Solopos.com dari laman Queenrides, Sabtu (21/5/2016), langkah pertama mencuci helm adalah melepas semua padding alias busa pada helm, meliputi bagian pipi kanan, pipi kiri, serta bagian atas.

Selanjutnya siapkan ember berisi air hangat secukupnya dan larutkan sampo atau sabun dengan antiseptik. Aduk merata kemudian masukkan semua busa helm yang sudah dicopot tadi. Rendam selama 10 menit supaya kuman mati.

Setelah 10 menit dan air sudah dingin, ambil busa helm lalu gosoklah dengan lembut namun merata menggunakan sikat gigi bekas. Cara itu dimaksudkan supaya kotoran di pori-pori busa bisa rontok.

Rendam kembali busa helm tersebut selama lima menit, namun kali ini dengan air dingin yang baru. Selanjutnya bilas dengan dengan air mengalir dan jemur di bawah terik matahari. Setelah benar-benar kering, pasang kembali busa ke dalam helm dan semprotkan pewangi bila perlu.

Tetapi wajib diperhatikan, melepas dan memasang busa helm sebaiknya dilakukan dengan sangat hati-hati supaya kancing tidak rusak. Selain itu busa sama sekali tidak boleh diperas. Sebab hal itu akan merusak struktur busa dan membuatnya kempis.

Demikian tips otomotif mencuci helm yang benar dari komunitas Octopus. Sangat mudah bukan?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya