SOLOPOS.COM - Tampilan All New Veloz yang diluncurkan bareng All New Avanza. Kedua mobil terbaru Toyota ini sama-sama menggunakan penggerak roda depan. (YoutubeToyotaIndonesia)

Solopos.com, JAKARTA – Tren konsumen Toyota mulai beralih dari segmen Avanza dan Veloz ke segmen low sport utility vehicle (LSUV). Tren ini berjalan seiring harga LSUV yang semakin setara dengan banjir model teranyar.

Penjualan Toyota untuk segmen low multi purpose vehicle (LMPV) melalui model Avanza-Veloz mengalami penurunan 13,11% sepanjang Januari-Oktober 2023. Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan Toyota Avanza-Veloz secara wholesales mencapai 69.043 unit sepanjang Januari-Oktober 2023,

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Angka ini turun 13,11% dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 79.466 unit. Secara rinci, penjualan dari Avanza mencapai 51.717 unit sepanjang 10 bulan 2023, kemudian untuk Veloz penjualannya mencapai 27.749 unit.

Kontribusi secara wholesales pun mencapai 25,21% dari total penjualan Toyota sebanyak 273.820 unit.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan penurunan tersebut disebabkan oleh adanya pergerakan pada segmen lain yang relatif memiliki harga produk selevel dengan produk LMPV.

“Sebagai contoh pada Low & Medium SUV yang tahun ini movement-nya cukup banyak ya, sehingga mendistraksi market yang sudah lebih dulu movement-nya. Jadi faktor salah satunya adalah kebaruan produk ya,” ujar Anton kepada Bisnis, Selasa (21/11/2023).

Lebih lanjut dia mengatakan meski secara realisasi turun, pangsa pasar Toyota untuk segmen LMPV justru mengalami peningkatan di level 45.6% sepanjang 10 bulan pertama 2023, dibandingkan periode sama tahun lalu.

Kedepannya, merek yang berada di bawah naungan PT Astra International Tbk (ASII) tersebut berupaya mempertahankan tajinya di pasar otomotif Indonesia dengan berbagai penyegaran dan peningkatan teknologi.

Hal ini pun tidak hanya berlaku untuk segmen LMPV, tetapi juga seluruh segmen dari model yang dipasarkan oleh Toyota sejauh ini.

Toyota pun berupaya untuk melengkapi portofolio produknya sesuai dengan kebutuhan konsumen. “Secara total produk mix akan coba kami pertahankan ya baik MPV maupun SUV bahkan pasar pasar niche seperti sedan dengan berbagai refreshment dan peningkatan teknologi,” tuturnya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Konsumen Avanza dan Veloz Beralih ke LSUV, Ini Kata Toyota”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya