SOLOPOS.COM - Ilustrasi isi bensin sendiri. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Salah satu pelayanan baru di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) adalah mengisi sendiri alias self service atau swalayan.

SPBU self service atau ini didesain agar pemilik kendaraan dapat melakukan pengisian bahan bakar kendaraannya sendiri, tanpa dilayani oleh petugas pom bensin. Proses transaksi juga dilakukan sendiri tanpa bantuan pelayan atau pegawai.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Mungkin masih banyak pemilik kendaraan yang belum terbiasa untuk mengisi BBM sendiri ketika berada di SPBU tersebut.

Berikut ini cara isi bensin di SPBU self service dan kota-kota yang sudah ada pelayanan ini, dikutip dari Lifepal.

 

Cara Isi Bensin SPBU Self Service

SPBU yang menerapkan pelayanan mandiri ini bertujuan untuk mempercepat pengisian BBM. Namun pada praktiknya, banyak yang kesulitan atau takut untuk menggunakannya karena berbagai alasan.

Misalnya seperti nozzle SPBU yang berat untuk dipegang dan juga kurangnya pemahaman akan penggunaan nozzle serta pengisian. Meski begitu sebenarnya cara isi bensin di pom bensin self service cukup mudah dan ada satu operator yang bertugas untuk memberi tahu jika kamu baru pertama kali mengisi sendiri.

Enggak perlu takut ketika kamu harus mengisi BBM sendiri, berikut adalah cara menggunakan mesin SPBU self service yang aman untuk melakukan pengisian bensin sendiri secara mandiri.

 

  • Beritahu kepada operator SPBU self service terkait nominal pengisian bensin yang ingin dilakukan. Petugas SPBU akan secara langsung menginput nominal pengisian bensin yang diminta.
  • Setelah data diinput, lakukan pembayaran sesuai nominal dan kemudian akan diberikan tanda pembayaran yakni berupa struk yang berisi barcode.
  • Arahkan kendaraan yang akan diisi bahan bakarnya ke dispenser pengisian dan buka penutup bensinnya.
  • Lakukan scanning barcode yang tertera di struk. Barcode tersebut berfungsi sebagai alat pengoperasian mesin.
  • Jika mesin pompa BBM telah berwarna hijau, maka hal ini merupakan tanda bahwa BBM telah siap untuk disalurkan ke tangki kendaraan.
  • Arahkan selang atau nozzle yang terdapat pada dispenser ke tangki kendaraan, dan pastikan sudah berada pada posisi yang tepat agar BBM tidak tercecer.
  • Jaga jarak anda dengan kendaraan dan mulailah melakukan pengisian dengan menarik tuas. Pengisian bahan bakar pada tangki kendaraan akan berhenti otomatis sesuai dengan nominal pembelian.
  • Tiriskan tuas dari mulut tangki, agar sisa BBM tidak tercecer dan letakkan selang pengisian ke posisi semula.
  • Ketika selang telah diletakkan di posisi awal, maka mesin akan mencetak struk pembelian berisi jumlah bahan bakar yang keluar dari mesin pengisian BBM.
  • Tidak perlu terburu-buru saat mengisi bensin dan tetap fokus.

Demikian cara mengisi sendiri BBM di SPBU self service atau di SPBU swalayan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya