SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Perusahaan pembuat ban asal Amerika Serikat Goodyear akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada 1.200 karyawan mereka. Langkah Goodyear Tire & Rubber itu dilakukan sebagai upaya efisiensi.

Dikutip dari Reuters, Senin (11/9/2023), pihak Goodyear telah menyepakati rencana rasionalisasi dan reorganisasi tenaga kerja di wilayah Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Alhasil, sekitar 1.200 karyawan pun akan mengalami PHK. Adapun langkah ini diperkirakan akan menghasilkan penghematan yang signifikan pada rentang 2024 sampai 2025. Pihak Goodyear pun menyebut hal ini dilakukan sebagai upaya untuk efisiensi bisnis dan memperbaiki struktur pembiayaan. Diperkirakan total pajak yang dikenakan terhadap Goodyear berkisar USD210 juta sampai USD230 juta pada 2025.

Goodyear mengalami kerugian 73 sen per saham pada kuartal II/2023, berbalik dari laba 58 sen per saham pada periode yang sama tahun lalu atau secara YoY.

Elliott Investment Management yang menggenggam sekitar 10 persen saham Goodyear sebelumnya mengkritisi Goodyear karena performanya tertinggal dari pesaingnya seperti Michelin dan Bridgestone.

Manajer investasi asal AS tersebut mengkritisi mismanagement yang dilakukan oleh Goodyear dan mendorong agar produsen ban tersebut melakukan peninjauan operasional dan penjualan tokonya.

“Kami terdorong oleh keterbukaan Goodyear dalam mengambil tindakan yang diperlukan untuk mewujudkan potensi penuhnya,” kata para eksekutif Elliott dalam sebuah pernyataan.

Pihak Goodyear sebelumnya mengatakan akan menambah tiga posisi direktur setelah mencapai kesepakatan dengan Elliott Investment Management yang meminta adanya penyegaran dewan direksi.

Goodyear juga menyebut akan membentuk komite peninjau strategi dan operasional yang diketuai oleh CEO Richard Kramer didampingi oleh dua dari tiga direktur baru.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Goodyear Bakal PHK 1.200 Karyawan, Lakukan Efisiensi hingga 2025”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya