SOLOPOS.COM - Prototipe mobil listrik Honda. (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Mobil listrik sport utility vehicle atau SUV Honda e:N1 mulai diproduksi di Thailand. Langkah ini membuat persaingan mobil listrik di Asia Tenggara makin panas, apalagi penjualannya akan dilakukan pada kuartal I/2024.

Bisnis mengutip Nikkei Asia, Selasa (19/12/2023), menyebutkan bahwa Honda memulai produksi SUV e:N1 yang terletak di pabrik Prachinburi, sebelah timur Thailand. Namun, merek Jepang itu masih belum menyebutkan kapasitas maupun line produksinya.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Detail produk dari SUV e:N1 seperti jarak tempuh hingga harganya akan diumumkan oleh Honda pada kuartal I/2024. Produk prototype mobil listrik ini pun sempat mejeng di Thailand International Motor Expo pada 2022.

Dalam hal penjualan mobil listrik, Honda menyusul Toyota BZ4X dan Nissan Leaf yang sudah lebih dahulu dipasarkan di Thailand. Namun, kedua produk tersebut masih berstatus impor utuh atau completely built up (CBU) unit. Toyota sendiri sejatinya sudah mulai memproduksi kendaraan listrik, tetapi dalam konteks komersial.

Raksasa otomotif Jepang ini akan mulai memproduksi kendaraan niaga berupa pikap dalam jumlah kecil di Thailand. Merek-merek asal Jepang sejatinya masih mendominasi pasar mobil listrik Thailand dengan pangsa pasar hingga 80%. Menurut Autolife Thailand, sebanyak 13% dari mobil baru yang terjual di Negeri Gajah Putih itu adalah mobil listrik.

Produsen mobil listrik asal China, ni BYD juga tengah berlomba dengan merek-merek lainnya untuk masuk ke pasar Thailand seiring adanya subsidi besar dari pemerintah. Hal ini sangat berpotensi untuk meningkatkan penjualan secara signifikan. Peluang investasi di Thailand juga menarik minat para eksekutif Tesla, milik konglomerat Elon Musk. Mereka telah menyambangi Thailand untuk mencari potensi investasi mobil listrik.

Menurut laporan Reuters pada Kamis (7/12/2023), Perdana Menteri Thailand, Srettha Thavisin, telah mengajak para eksekutif Tesla berkeliling di kawasan industri di Thailand. Dia pun optimistis perusahaan Elon Musk akan menanamkan modal di Thailand. “Saya berusaha sekuat tenaga untuk menghibur mereka agar mereka jatuh cinta dengan Thailand. Mereka mencari lahan seluas 2.000 rai (320 hektare),” kata Srettha seperti dikutip dari Reuters.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Honda Mulai Produksi Mobil Listrik e:N1 di Thailand”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya