SOLOPOS.COM - Moror Listrik Honda EM1 e diaperkan di IIMS 2023 di Jakarta.(Bisnis).

Solopos.com, JAKARTA-Honda segera memasarkan motor listrik pertama mereka di Indonesia, EM1 e. Dilansir dari Nikkei Asia akhir Juli lalu, Honda akan meluncurkan sebuah model motor listrik pada tahun ini dan kemungkinan dua model lagi pada 2024.

Honda juga berencana menjual tujuh model motor listrik dengan target penjualan 1 juta unit di Indonesia pada 2030. Model motor listrik pertama Honda yang akan dijual di Indonesia adalah EM1 e yang rencananya juga akan mulai dijual di Jepang pada akhir Agustus 2023.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Motor listrik yang akan dijual di Jepang tersebut memiliki daya jelajah hingga 53 kilometer dan dibanderol seharga USD2.100 atau sekitar Rp31 juta.

Motor listrik Honda yang akan diluncurkan di Indonesia mencakup model baterai kabel, dan juga baterai yang dapat ditukar. Selain itu, Honda juga tengah mempertimbangkan investasi pabrik baru di Indonesia.

Secara global, Honda menargetkan penjualan motor listrik menembus 3,5 juta unit pada 2030 dengan hampir 30 persen porsinya berasal dari pasar Indonesia. Honda juga berencana untuk melakukan elektrifikasi terhadap seluruh produknya mulai 2040.

Adapun Honda menggenggam 88 persen pangsa pasar Indonesia per Maret 2023, sedangkan urutan kedua dipegang oleh Yamaha Motor.

Kombinasi kedua produk tersebut membuat Jepang menguasai lebih dari 90 persen pangsa pasar motor Indonesia. Akan tetapi, persaingan Honda pada pasar motor listrik tidaklah mudah seiring hadirnya Electrum yang merupakan kongsi antara PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Goto), dan PT TBS Energi Utama Tbk (Toba).

Di Indonesia, Astra International (ASII) dan Honda Motor Co Ltd membawahi perusahaan patungan Astra Honda Motor (AHM). Perusahaan inipun menjadi salah satu kontributor terbesar penyumbang pendapatan ASII pada segmen otomotif, juga penguasa pangsa terbesar pasar sepeda motor saat ini. Terlebih lagi, Electrum baru saja membangun pabrik di Cikarang, Jawa Barat dengan kapasitas produksinya diperkirakan mencapai 250.000 unit per tahun pada tahap awal. Electrum pun masih merencanakan investasi sekitar USD1 miliar dalam kurun waktu 4-5 tahun ke depan.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Motor Listrik Honda Segera Meluncur, Astra International (ASII) Amankan Posisi”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya