SOLOPOS.COM - Ilustrasi jaket riding atau berkendara. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Salah satu kelengkapan berkendara dengan aman (safety riding) adalah jaket. Berikut ini tips memilih jaket riding supaya fungsinya bisa maksimal dengan kebutuhanmu berkendara.

Selain jaket, kelengkapan safety riding lainnya adalah helm dan sepatu. Jaket ini berfungsi menahan sergapan angin selama berkendara, serta melindungi tubuh saat terjadi kecelakaan.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Makanya, selain memperhatikan model dan ukuran, kamu pun wajib memperhatikan bahan jaket yang digunakan. Berikut merupakan tips pintar memilih jaket riding terbaik, dikutip dari Suzuki Indonesia.

 

Pilih yang sesuai ukuran badan

Jaket yang terlalu kecil akan membuat kamu sulit bergerak dan tidak leluasa saat bernapas, sementara jika terlalu besar akan mengganggu konsentrasi karena terpaan angin yang besar menyebabkan posisi jaket tersebut bergoyang. Untuk itu, pastikan kamu memilih jaket yang pas di badan.

Selain itu, jaket yang tidak pas (terlalu besar atau kekecilan), akan menyebabkan kamu kurang percaya diri. Lagi-lagi, kondisi ini berpengaruh juga pada konsentrasi selama berkendara.

 

Jangan terlalu banyak talinya

Jaket untuk riding beda dengan jaket untuk nongkrong. Khusus untuk nongkrong, banyak tali mungkin bukan masalah, tapi kalau untuk riding, ini bisa sangat berbahaya. Misalnya, jaket kamu bisa saja tersangkut pada stang motor atau benda lainnya, yang menyebabkan kecelakaan.

Solusinya, pilih jaket yang tidak banyak menggunakan tali, atau kalau bisa sebaiknya kamu pilih jaket yang tidak menggunakan tali sama sekali, dan modelnya simpel.

 

Menutupi tubuh

Standar menutupi tubuh dalam jaket riding adalah, harus mampu menutupi leher, pergelangan tangan dan pinggul. Jika memungkinkan, kamu sebaiknya memilih jaket khusus yang sudah dilengkapi dengan protektor atau pelindung di bagian siku dan bahu.

Pilih juga jaket yang memiliki ketebalan pas, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Kalau ingin lebih aman, gunakan jaket khusus untuk riding saja.

 

Berwarna terang

Meskipun kamu tampak keren dengan warna gelap, khusus untuk jaket riding sebaiknya gunakan yang berwarna terang, atau minimalnya memiliki aksen warna terang di beberapa bagian yang strategis, seperti pundak, punggung, atau dada.

Kalau memungkinkan, sebaiknya sisipkan juga bahan-bahan yang bisa memantulkan cahaya, seperti bahan nilon dengan warna-warna neon atau stabilo.

 

Demikian tips memilih jaket untuk riding atau berkendara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya