SOLOPOS.COM - Area CVT motor matic. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO – Karena faktor usia, beberapa komponen CVT pada motor matic bisa mengalami keausan. Akibatnya, komponen tersebut tidak bekerja secara maksimal dan akan memengaruhi kenyamanan berkendara.

Keausan komponen ini ditandai dengan munculnya suara kasar. Namun suara kasar pada motor matic ini bukan hanya disebabkan keausan, tetapi bisa juga akibat kerusakan komponen tertentu.

Promosi Meniti Jalan Terakhir menuju Paris

Berikut ini kemungkinan penyebab suara kasar pada komponen CVT motor matic, seperti diungkapkan Technical Training Instructor Astra Motor Jateng, Agung Apriyanto.

Penyebab Suara Kasar di Area CVT Motor Matic

1. Moveable drive

Suara kasar pada motor matic bisa disebabkan oleh keausan pada komponen movable drive atau rumah roller.

2. Bearing driven pulley

Keausan pada bearing driven pulley juga bisa menyebabkan suara kasar pada motor matic. Komponen yang seharusnya presisi ini tidak lagi stabil sehingga menimbulkan suara kasar. “Keausan ini bisa disebabkan oleh pelumasan atau grease yang tidak lagi baik, sehingga otomatis akan terjadi keausan dan menimbulkan suara gesekan dengan as driven pulley,” ujarnya kepada Solopos.com, Selasa (20/5/2024).

3. Roller

Roller yang aus ini bisa menimbulkan suara kasar. Keausan pada roller ini ditandai dengan adanya suara ketukan pada komponen CVT. Jika mengguna motor mendengar suara kasar seperti itu harus waspada dan segera melakukan pemeriksaan di bengkel.

4. Piece slide

Keausan pada komponen yang satu ini juga bisa menimbulkan suara kasar di area CVT motor matic.

5. Bearing cover CVT

Seperti bearing pada driven pulley, keausan pada bearing cover CVT juga bisa menyebabkan suara kasar. Pasalnya komponen ini sudah tidak lagi presisi.

Agung mengatakan bahwa solusi untuk mengatasi permasalahan pada komponen yang aus/rusak dan menimbulkan suara kasar di area CVT ini adalah penggantian suku cadang atau spare part. “Kalau komponen sudah mengalami keausan, solusinya adalah penggantian dengan yang baru. Dan untuk keausan pada roller bisa dilakukan penggantian pada yang aus saja. Artinya kalau dalam satu set roller masih ada yang bagus, bisa diganti yang aus saja, tidak semuanya,” imbuhnya.

Ia menyarankan agar pengguna motor matic menggunakan suku cadang asli yang menjamin kualitas dan keawetan. “Suku cadang yang asli ini kalau motornya Honda bisa didapatkan di Astra Honda Authorized Service Station atau AHASS. Dan jangan lupa, pengguna harus melakukan pemakaian motor yang baik serta perawatan secara rutin agar komponen tidak mudah aus yang akhirnya menyebabkan bunyi kasar dan kerusakan lainnya,” ujar Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya