SOLOPOS.COM - Peugeot 9X8 memperkenalkan siluet baru.(Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Setelah musim pertama Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA di Le Mans dan podium perdananya di Monza, Peugeot 9X8 kini dilengkapi amunisi baru. Beberapa peningkatan substansial tahun ini dalam kelas Hypercar yang sangat kompetitif yang menampilkan sembilan pabrikan dan 19 prototipe.

Versi awalnya, Peugeot 9X8 dirancang menggunakan serangkaian spesifikasi dengan regulasi teknis tahun 2020/2021. Namun, antara tahap desain mobil dan persaingannya di musim panas 2022, regulasi berubah sehingga membuka potensi peningkatan performa di area tertentu.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Beberapa desain direvisi untuk memaksimalkan potensinya.  Hal ini untuk memenuhi target ambisius yang ditetapkan oleh Tim Peugeot TotalEnergies.

“Saat ini kami mengambil pilihan yang tidak lagi tepat dan perbedaan performa ini tidak cukup diimbangi oleh BOP [Balance of Performance] pada tahun 2023,” ujar Direktur Teknik Peugeot Sport, Olivier Jansonnie dalam keterangan tertulis.

“Idenya kembali ke desain mobil yang notabene serupa juga dengan rival kami, sehingga kemudian mendapat perlakuan setara dari BOP. Inilah sebabnya Peugeot memutuskan untuk tidak menggunakan ban dengan lebar identik 31/31 cm pada semua roda, dan memilih ukuran 29 cm pada ban depan dan ban 34 cm pada ban belakang,” imbuhnya.

Sebenarnya, lanjut Olivier, ini bukan mobil baru karena sasisnya sama, tapi banyak peningkatan. Agar ban dapat bekerja secara efektif, Peugeot harus mengubah pusat gravitasi Peugeot 9X8, dengan memindahkan komponen tertentu dan parts lain menjadi lebih ringan. Untuk mendapatkan keseimbangan aerodinamis, Peugeot juga harus mempertimbangkan redistribusi beban aerodinamis.

Hal ini mengakibatkan Peugeot mendesain ulang sekitar 90% komponen bodywork, terutama penambahan sayap belakang.
Keputusan pada Maret 2023 ini untuk memperkenalkan beberapa peningkatan radikal pada mobil untuk musim 2024. Semua orang di Peugeot Sport bekerja tanpa kenal lelah untuk mendesain ulang mobil tersebut sekaligus mengikuti kampanye WEC 2023.

“Itu adalah proyek di dalam proyek, yang meningkatkan beban kerja tim secara signifikan,” lanjut Olivier Jansonnie.

“Tetapi kami dapat mengandalkan komitmen teguh dari Tim Peugeot TotalEnergies dan kami sekarang sangat menantikan untuk menghadirkan hasil kerja keras mereka. Targetnya jelas untuk kembali menjadi yang terdepan, bertarung secara teratur untuk podium dan bahkan menantang untuk memenangkan balapan.

Desain grafis baru dari Peugeot 9X8 Hypercar bekerja sama dengan seniman J. Demsky. Peugeot 9X8 Hypercar dengan desain grafis unik ini akan ambil bagian dalam 24 Hours of Le Mans yang legendaris. Dimana ajang balapan ini akan merayakan hari jadinya yang ke-100 tahun. Kini, Peugeot menghadirkan desain Lion Head dalam skala berbeda.

“Desain grafis yang melambangkan sekawanan singa ini menyampaikan rasa kolektif yang mencerminkan nilai-nilai balap Endurance dengan sempurna. Kami ingin menyoroti semangat tim dan kekayaan bakat dalam tim. Desainnya diproduksi dalam berbagai ukuran dan warna berbeda yang diambil dari bagan warna Peugeot Sport, termasuk hitam, abu-abu, putih, dan kryptonite. Tema ini juga diterapkan pada produk merchandising gaya hidup yang dikembangkan oleh tim desain grafis Peugeot,” ujar Direktur Desain Merek Peugeot, Matthias Hossann.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya