SOLOPOS.COM - Ilustrasi Geneva Motor Show (Picture-newsletter.com)

Solopos.com, JAKARTA – Pameran otomotif rutin tahunan di Swiss, Geneva International Motor Show yang sudah berlangsung seabad akhirnya kukut alias tak akan diselenggarakan lagi mulai tahun depan.

Reuters, Autocar, dan Motor1 pada Jumat (31/5/2024) dikutip Antara, melaporkan Geneva Motor Show, yang sudah berlangsung sejak 1905, ditutup karena kompetisi dan tantangan industri otomotif.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Presiden Comite Permanent du Salon International de l’Automobile Foundation Alexandre de Senarclens, penyelenggara Geneva Motor Show, sangat menyayangkan keputusan yang mereka ambil.

“Namun, kekurangan ketertarikan dari manufaktur terhadap Geneva Salon dalam konteks kesulitan industri, kompetisi dari pameran Paris dan Munich yang disukai oleh industri domestik, dan persyaratan tingkat investasi untuk memelihara pameran seperti itu, menjadi pukulan telak untuk (Geneva Motor Show) edisi mendatang,” kata Senarclens.

Senarclens juga mengonfirmasi bahwa Geneva Motor Show tidak akan kembali karena kondisi pasar otomotif Eropa tidak kondusif bagi mereka.

Geneva Motor Show mendapat pukulan berat sejak dunia dilanda pandemi Covid-19 yang membuat penyelenggara tidak bisa menggelar acara pada 2020, 2021, 2022 dan 2023. Ketika kembali tahun ini, hanya sekitar 20-an pabrikan yang berpartisipasi.

Geneva Motor Show pertama kali digelar pada 1905, saat itu mereka memamerkan mobil-mobil ikonik seperti Jaguar E-Type, Porsche 917 dan Audi Quattro.

Belakangan, Geneva Motor Show juga menjadi tempat peluncuran Lamborghini dan Ferrari.

Autocar melaporkan sebelumnya penyelenggara berencana membuka kembali Geneva Motor Show pada 17 Februari 2025. Tahun lalu penyelenggara juga mengadakan Qatar Motor Show.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya