SOLOPOS.COM - Keunggulan Hyundai Stargazer diuji saat melintasi beragam medan di wilayah Jawa Timur hingga Jawa Tengah. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Hyundai sukses menjual Stargazer dan berencana menghadirkan sport utility vehicle (SUV).  Penjualan segmen low multipurpose vehicle (LMPV) melalui model Stargazer ini mengalami pertumbuhan hingga 50,95% pada Januari-Oktober 2023. Hyundai pun akan meramaikan pasar otomotif melalui.segmen lain seperti SUV.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan Stargazer secara wholesales mencapai 13.251 sepanjang Januari-Oktober 2023, naik 50,95% dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 8.778 unit.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Secara rinci Stargazer Prime terjual 8.874 unit, Stargazer X sebanyak 2.074 unit, Stargazer Trend sebanyak 1.314 unit, Stargazer Active terjual 244 unit, serta Stargazer Style 231 unit. Penjualan Stargazer pun berkontribusi sekitar 44,86% dari total penjualan Hyundai yang mencapai 29.537 unit sepanjang 10 bulan 2023.

Meski demikian, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto mengatakan Hyundai akan terus memperhatikan kebutuhan konsumen pada segmen lainnya. Dia juga mengatakan segmen sports utility vehicle (SUV) mengalami pertumbuhan yang dari tahun ke tahun sudah mengalahkan segmen MPV. Hal ini berarti terdapat pergeseran dari kebutuhan calon konsumen Indonesia.

“Selain segmen LMPV dan premium, kami juga memperhatikan kebutuhan konsumen di segmen SUV seperti Creta dan Santa Fe. Hyundai akan memperkenalkan SUV terbaru yang penuh kejutan,” ujar Frans kepada Bisnis, Selasa (21/11/2023).

Dia menilai peningkatan pada pasar SUV dimulai dengan gimmick yang diberikan beberapa APM dengan memperkenalkan MPV cross alias MPV rasa SUV. Produk tersebut memang disesuaikan dengan bonus demografi Indonesia dan munculnya generasi masyarakat yang memiliki preferensi berbeda.

Lebih lanjut, dia mengklaim Hyundai telah menguasai pasar untuk harga di atas Rp700 juta dengan pangsa pasar di atas 30% untuk pasar premium. Selain itu, penjualan mobil listrik Ioniq juga dipastikan meningkat lebih dari tiga kali lipat dibandingkan 2022. Dia juga menyebut penjualan Ioniq telah mendominasi pasar untuk mobil listrik murni atau battery electric vehicle (BEV). Hyundai pun berhasrat untuk memperluas portofolionya untuk produk mobil listrik.

Data Gaikindo pun menunjukkan Ioniq memimpin penjualan BEV dengan capaian 5.815 unit sepanjang Januari-Oktober 2023. Tepat di belakang Hyundai Ioniq adalah Wuling Air ev yang penjualannya mencapai 4.005 unit. Kemudian terdapat BMW dengan penjualan BEV mencapai 567 unit, Toyota sebanyak 474 unit, serta Lexus sebanyak 197 unit, serta Mercedes-Benz sebanyak 152 unit. “Hal ini menunjukkan bahwa pasar kendaraan listrik masih sangat luas untuk dikembangkan mulai dari segmen low sampai premium,” katanya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Sukses Jualan Stargazer, Hyundai Siap Tawarkan Model Baru SUV”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya