SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil irit BBM. (Autoexpress)

Solopos.com, SOLO – Sebelum membeli mobil, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Selain harga, konsumsi BBM juga menjadi pertimbangan penting. Berikut tips memilih mobil irit BBM.

Konsumsi BBM ini mempengaruhi biaya operasional nantinya. Apalagi jika mobil itu akan dipakai setiap hari, biaya untuk membeli BBM harus dihitung supaya kamu tidak tekor.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

 

Tips memilih mobil irit BBM.

 

1. Pilih mobil dengan dimensi kecil

Dikutip dari Lifepal, semakin besar dimensi atau ukuran mobil, maka konsumsi BBM-nya akan semakin besar. Jadi kalau kamu ingin mobil dengan konsumsi bbm paling irit, pilihlah jenis mobil berukuran kecil seperti city car atau hatchback.

Perbandingannya. mobil ukuran SUV rata-rata mengonsumsi sebanyak 1 liter BBM untuk perjalanan 10-15 kilometer. Sementara, mobil kecil seperti city car mengonsumsi 1 liter BBM untuk jarak tempuh yang lebih jauh, yakni 18-20 kilometer.

 

2. Kapasitas mesin yang lebih kecil

Tidak cuma soal ukuran, namun perhatikan juga kapasitas mesinnya. Mobil yang punya kapasitas mesin bensin di bawah 1.500 cc atau mesin diesel di bawah 2.000 cc umumnya tidak banyak mengonsumsi BBM.

Tentunya kapasitas mesin ini juga sejalan dengan cara pemakaian kamu sehari-hari, misalnya jika sering melalui kemacetan pastinya mobil akan lebih boros BBM. Oleh karena itu, kamu juga wajib cek apakah mobil tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi terkini seperti turbocharger.

 

3. Transmisi manual lebih baik

Mobil dengan transmisi otomatis memang lebih nyaman saat dikendarai, namun mobil transmisi manual punya keunggulan soal irit BBM. Sebab, transmisi manual punya daya perputaran mesin per menit (RPM) dan bobot penggerak yang umumnya lebih kecil.

Dengan begitu, mesin tidak butuh bahan bakar yang lebih banyak untuk membuat putaran mesin jadi lebih cepat. Satu tips ketika sering berada di jalanan yang macet, kamu harus lebih sering melakukan oper gigi untuk menghindari plat kopling jadi cepat rusak.

 

4. Pilih mobil penggerak roda depan

Mobil yang paling irit BBM biasanya punya penggerak roda depan alias Front Wheel Drive (FWD) karena tidak memerlukan lebih banyak energi untuk menggerakkan keempat roda mobil. Apalagi kalau kamu lebih sering berkendara di perkotaan dengan jalanan yang tidak ekstrem dan mulus.

 

5. Pilih mobil yang memiliki aerodinamika yang baik

Bentuk mobil zaman sekarang sudah jauh berbeda dengan zaman dulu karena mobil lebih mengusung aspek aerodinamis sehingga tampak seperti kapsul. Bentuk aerodinamis memiliki tujuan agar angin yang melewati mobil tidak menghambat laju mobil dan udara.

Sehingga mobil tidak perlu bekerja lebih keras dan lebih irit penggunaan BBM. Pilihlah mobil dengan bentuk aerodinamis yang baik kalau kamu ingin punya jenis mobil paling irit BBM.

 

6. Cari mobil yang suku cadangnya mudah didapat

Saat sedang memilih mobil yang akan kamu beli, terkadang kamu terlalu silau dengan mobil impian kita. Padahal belum tentu mobil tersebut memiliki suku cadang yang mudah kamu dapatkan.

Memilih mobil dengan suku cadang yang mudah didapat itu penting, loh. Jadi, kalau mobil mengalami kerusakan dan butuh perawatan, kamu nggak perlu pusing lagi memikirkannya.

Jangan sampai karena ingin terlihat berbeda dengan tetangga, kamu malah memilih mobil yang langka dan sulit menemukan suku cadangnya. Kalau rusak, bisa susah karena harus memesan suku cadang dari luar negeri dan harganya pun tak murah.

 

Demikian tips memilih mobil irit BBM.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya