SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Mobil VinFast di Vietnam. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA – Mobil listrik asal Vietnam VinFast siap debut di pasar otomotif Indonesia melalui ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. VinFast juga berkomitmen investasi senilai USD200 juta atau setara Rp3,13 triliun (kurs Rp15.685).

CEO VinFast Indonesia, Tran Quoc Huy, mengatakan perusahaan menawarkan pilihan transportasi ramah lingkungan dan menginspirasi pasar otomotif Indonesia untuk mengeksplorasi mobilitas masa depan. “VinFast dengan bangga meluncurkan produknya secara resmi di pasar Indonesia pada IIMS 2024 mendatang,” kata Tran Quoc Huy dalam keterangan tertulis dikutip Minggu (11/2/2024).

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Indonesia masuk radar ekspansi VinFast seiring adanya dukungan pemerintah akan percepatan industri mobil listrik. Selain itu, jumlah 270 juta lebih penduduk membuat Indonesia sebagai salah satu perekonomian dan pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara.

Dalam komitmen investasinya, VinFast akan membangun pabrik mobil listrik lokal dengan kapasitas hingga 50.000 unit per tahunnya. Rencananya pabrik ini akan mengekspor unit ke pasar luar negeri. Menurutnya, ajang IIMS 2024 akan menjadi kesempatan bagi VinFast untuk memperkenalkan mobil listrik berbasis setir kanan ke pasar global.

VinFast juga menjadi salah satu pabrikan otomotif yang memiliki fasilitas daur ulang baterai yang ditanamkan untuk setiap unit mobil listriknya. Beberapa mobil listrik VinFast yang telah diluncurkan di Vietnam adalah VF 8, dan VF 9. Setelah tercatat di bursa teknologi Amerika Serikat atau Nasdaq, VinFast telah mengumpulkan dana penawaran umum perdana hingga USD2 miliar yang rencananya akan digunakan untuk ekspansi ke lebih dari 50 negara.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Debut di IIMS 2024, VinFast Komitmen Investasi Rp3,13 Triliun”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya