SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Bersiap berkendara. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Setelah libur panjang yang penuh dengan acara santai, jangan lupa untuk tetap fokus ketika berkendara.

Bulan Januari adalah bulan yang penuh dengan aktivitas setelah liburan panjang akhir tahun. Banyak orang mulai sibuk bekerja dan bersekolah kembali. Sayangnya, aktivitas yang meningkat ini seringkali diikuti oleh menurunnya kesadaran atau daya fokus akan keselamatan selama berkendara.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Yang mulanya santai, kini harus berkejar-kejaran lagi dengan waktu dan harus kembali menyesuaikan dengan situasi jalanan yang padat.

Hal-hal berikut ini bisa menjadi tips aman bagi bikers atau pengendara untuk memulai aktivitas berkendaranya setelah liburan panjang, seperti disampaikan dalam siaran Astra Motor Jawa Tengah (Jateng), Senin (15/1/2024):

 

Tetap cek kendaraan sebelum beraktivitas

Setelah digunakan untuk liburan atau hanya sekedar ditinggal begitu saja usai liburan panjang, ada baiknya bikers melakukan pengecekan seluruh bagian kembali sebagai langkah persiapan meningkatnya aktivitas agar saat berkendara motor dalam kondisi yang prima

 

Tetap waspada dan hati-hati dalam berkendara

Seiring dengan meningkatnya kembali aktivitas jalanan seusai liburan, volume kendaraan tentu kembali memadat sehingga diperlukan fokus dan kewaspadaan di jalan selama berkendara demi menjaga keselamatan diri dan juga pengendara lain di sekitarnya.

 

Cermati cuaca dan potensi alam yang mungkin terjadi

Curah hujan yang meningkat di bulan Januari hingga Februari akan menyebabkan jalanan licin, bahkan di beberapa tempat, terdapat juga jalanan berlubang yang tergenang air. Sedangkan aktivitas berkendara tetap padat sesuai dengan jam-jam pergi dan pulang sekolah/kerja.

Pastikan bikers memiliki cadangan jas hujan di motor dan sebaiknya tidak terburu-buru di jalanan yang licin serta menyusuri jalanan yang sudah sering dilewati agar benar-benar tahu medan jalan yang dilalui (menghindari lubang, dst). Pastikan mengikuti perkembangan berita untuk daerah-daerah yang rawan tergenang, banjir, longsor, atau hujan angin yang berpotensi terjadi pohon tumbang.

 

Hindari penggunaan ponsel secara aktif saat berkendara

Liburan menyebabkan aktivitas penggunaan ponsel meningkat sehingga perlu dibatasi agar tidak menggunakannya saat berkendara karena menyebabkan gangguan konsentrasi dan kemampuan memahami sekitar.

 

Pastikan kelengkapan surat berkendara

Aktivitas liburan membuat penyimpanan surat mungkin bisa berubah karena pindah dompet atau tas saat liburan. Pastikan bikers mengecek kembali kelengkapannya dan pastikan masa perpanjangan SIM, STNK dan pajak kendaraan masih berjalan.

 

Jangan berkendara ketika badan tidak fit

Bila badan dalam kondisi yang tidak fit, sebaiknya jangan dipaksakan untuk beraktivitas atau berkendara. Selain itu bila minum obat, pastikan juga obat tidak menimbulkan rasa kantuk karena berkendara dalam kondisi mengantuk berpotensi fatal bila kehilangan fokus

“Coba ikuti tips yang diberikan untuk meningkatkan kewaspadaan yang pastinya berdampak besar untuk menambah faktor keselamatan, tidak sulit untuk menerapkannya agar resolusi tahun 2024 mudah dan lancar dalam mencapainya,” ucap Oke Desiyanto Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya